Majalah OPINI

COSPLAY Life Style Remaja Jepang

Posted on: October 5, 2008

COSPLAY? Apaan nih? Pasti ada sebagian orang yang tidak ngeh dengan kata tersebut. Itu sebuah tempat, makanan atau sebuah gaya hidup?? Jika menebak gaya hidup, yup  betul sekali. Cosplay adalah sebuah style dalam berpenampilan bagi anak muda Jepang dan sekarang sedang mewabah pada anak muda Indonesia.

Meskipun animo Jpop ataupun Jrock telah lebih dahulu booming dan menjangkiti remaja di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya tetapi bukan berarti sambutan di Semarang tidak seheboh seperti di tempat lain. Walaupun baru beberapa tahun menetaskan telur Jepang holic namun acara-acara yang digelar di Semarang terus membanjir secara kontiyu.

Apapun event Jepang yang diselenggarakan pasti mampu menyedot banyak penonton. Kebanyakan acara yang diselenggarakan berbau musik Jepang. Acara-acara berbau Jepang tersebut juga disemarakkan dengan ajang kontes para cosplayer untuk memamerkan hasil kreasi costum mereka.

Secara harfiah cosplay berasal dari kata Costum Player yang artinya bermain-main dengan kostum atau baju. Cosplay itu sendiri dipopulerkan oleh remaja Jepang. Dalam ber-cosplay seseorang tersebut memakai kostum ala tokoh yang diidolakannya dalam anime (film kartun Jepang), manga (komik Jepang), game atau play station (Ragnarok), dan band Jepang. Peserta dibagi menjadi dua kategori umum di dalam ber-cosplay. Pertama, cosplay yang meniru atau imitate karakter tokoh. Kedua, cosplay original di mana para cosplayer memiliki desain sendiri atau membuat penekanan karakter sendiri sesuai imaJinasi atau tingkat originalnya.

Seorang cosplayer diberi julukan dalam ber-cosplay. Seorang cosplayer memiliki motivasi yang beraneka ragam. Ada yang hanya mengisi waktu luang atau karena memang hobi dan ingin merasa lebih dekat dengan tokoh yang dikaguminya. Ada pula yang hanya ingin sekedar dilihat orang banyak atau istilahnya mejeng.

Agedelon, mahasiswa Fakultas Hukum UNDIP angkatan 2004 berpendapat, “Menjadi seorang cosplayer itu sebuah kepuasan pribadi, pengen dikenal orang, pengen menjadi pusat perhatian orang. Ada juga yang pengen menutupi dirinya sebagai jalan untuk mengeluarkan unek-uneknya dan dengan visual tersebut dia seperti menutupi dirinya sendiri.” Komentar yang hampir sama sempat juga diungkapkan oleh Kikky. “Kebanyakan pengen tenar. Cosplayer menunjukan curahan diri aja. Cosplay itu kumpulannya orang-orang yang punya hobi sama dan mungkin juga bisa menemukan soulmate,” ungkap mahasiswa Fakultas Hukum  UNDIP angkatan 2004 ini.

Selain itu, mendapat hadiah dari ajang cosplay jugamenjadi motivasi mereka. Pemenangnya biasanya dipilih berdasarkan kemiripan dengan tokoh, kreativitas dan Kedetailan pada kostum. Yah kurang lebih begitu deh deskripsinya kalau di Indonesia Raya.

Di negeri asalanya, Jepang, cosplay menjadi agenda. Anak-anak muda di Jepang memiliki kebiasaan untuk ber-cosplay ria pada setiap akhir minggu meskipun untuk sekedar berjalan-jalan. Tempat yang paling terkenal di Jepang dalam cosplay adalah Harajuku. Harajuku terletak Tokyo, di ibukota Jepang, bersebelahan dengan Yoyogi Park dan Yoyogi National Stadium. Pada setiap weekend tempat tersebut penuh dengan anak-anak muda Tokyo yang nongkrong-nongkrong di kafe dan tempat-tempat lainnya. Tidak jauh dari tempat tersebut terdapat SHIBUYA-AX. Di sana artis-artis atau band Jepang sering mengadakan konser yang sebagian besar penontonnya remaja cewek. Mereka ber-cosplay sambil menonton live band-band yang manggung. Oleh karena cosplay berasal dari kota bernama Harajuku, orang-orang di Indonesia menyebut fashion Jepang sebagai Harajuku. (Haniek)

1 Response to "COSPLAY Life Style Remaja Jepang"

[...] Genkij1 Aroma dari Negeri Sakura, [...]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender

October 2008
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Tentang Kami

LPM OPINI adalah Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Berdiri tanggal 23 April 1985. LPM OPINI Berlalamtkan di Jl. Imam Bardjo no 1 Semarang. LPM OPINI hadir ke tengah-tengah para pembacanya. Sebagai sebuah LPM OPINI yang independen, berdiri sendiri dan menjadikan prinsip-prinsip jurnalistik dalam setiap peliputan beritanya. dengan menganut UU Pers sebagai acuan dan Kode etik wartawan Indonesia, LPM OPINI terus berusaha menghadirkan berita-berita yang hangat dan terbaru. Sebagai sebuah media informasi di lingkungan FISIP, LPM OPINI mencoba untuk terus eksis dan berkreasi, Menyumbangkan ide-ide kritis, dan kreatif terhadap permsalahan yang aktual dan terkini. kritik saran silahkan kirimkan ke opini_fisipundip@yahoo.com

Blog Stats

  • 45,042 hits

Rubrik & Edisi

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: