Majalah OPINI

SPA Beban atau Semangat?

Posted on: October 5, 2008

SEJAK otonomi daerah mulai bergulir, masing-masing kabupaten/kota dan provinsi dituntut untuk dapat mencukupi sendiri kebutuhan keuangannya dengan memaksimalkan pendapatan asli daerah. Potensi daerah mulai digali dan dijual untuk memenuhi pundi-pundi pendapatan daerah yang pada akhirnya digunakan untuk menyejahterakan rakyatnya.
Tahun 2007 ini Kota Semarang mengadakan gawe besar dalam rangka memaksimalkan potensi daerahnya. Semarang Pesona Asia (SPA), demikian titel yang diberikan untuk gawe ini. Kegiatan ini bertujuan untuk menjual Kota Semarang dalam pariwisata maupun investasi. Sejak muncul sebagai wacana, saat pelaksanaan, maupun setelah berakhir, SPA selalu menuai kontroversi.

Salah satu upaya untuk memperkenalkan sekaligus menjual Kota Semarang kepada dunia internasional adalah membentuk city branding. Pada awal tahun, pembentukan slogan SPA atau dalam versi bahasa Inggris “The Beauty of Asia” sebagai city branding telah memunculkan perdebatan. Slogan ini terasa muncul secara tiba-tiba.Tidak banyak anggota masyarakat yang dilibatkan dalam penyusunan city branding Kota  Semarang.

Akibatnya, city branding  yang ada dinilai tidak merefleksikan  keadaan Kota Semarang. Melihat kondisi rob di Kota Lama yang terjadi hampir setiap hari saja, sulit rasanya membayangkan Semarang sebagai The Beauty of Asia. City branding seharusnya muncul sebagai refleksi keadaan kota. Bagaimana mungkin kita menjual Semarang sebagai pesonanya Asia sedangkan kondisi Semarang sendiri jauh dari mempesona.

Melihat pelaksanaan rangkaian kegiatan promosi SPA pada bulan Agustus lalu, tampaknya SPA hanya menjadi pameran budaya dan pariwisata semata. Itupun dengan beberapa kekurangan saat penyelenggaraan. Gaung SPA juga kurang lantang terdengar. Hal ini tampak dari belum maksimalnya jumlah pengunjung dalam rangkaian kegiatan SPA. SPA belum dapat menjual Kota Semarang secara terintegrasi. Buktinya: setelah SPA, apakah pariwisata dan investasi Semarang semakin meningkat?

Kegiatan SPA memang telah berakhir. Namun city branding sebagai The Beauty of Asia sudah terlanjur melekat. City branding ini dapat menjadi beban sekaligus semangat bagi pemerintah maupun masyarakat Semarang. Bahwa Semarang telah mentahbiskan dirinya sebagai Pesona Asia sudah banyak diketahui. Menjadi beban bagi seluruh komponen Kota Semarang jika kondisi kota tidak mencerminkan diri sebagai Pesona Asia. Namun, hal ini dapat pula menjadi semangat untuk memperbaiki diri menuju Semarang yang benar-benar menjadi pesona Asia.

Jika memang dikehendaki, rangkaian kegiatan SPA dapat dijadikan acara tahunan yang dapat menarik wisatawan dan membantu pemasaran Kota Semarang. Namun, persiapan SPA tahun depan harus lebih baik dari tahun ini. Satu lagi, kondisi Kota Semarang sedikit demi sedikit harus diperbaiki guna memenuhi city branding-nya sendiri sebagai The Beauty of Asia. (red)

berikut halaman yang bisa disownload majalah-opini-edisi-34-hal-4-editorial

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Kalender

October 2008
M T W T F S S
« Jul    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Tentang Kami

LPM OPINI adalah Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik yang Berdiri tanggal 23 April 1985. LPM OPINI Berlalamtkan di Jl. Imam Bardjo no 1 Semarang. LPM OPINI hadir ke tengah-tengah para pembacanya. Sebagai sebuah LPM OPINI yang independen, berdiri sendiri dan menjadikan prinsip-prinsip jurnalistik dalam setiap peliputan beritanya. dengan menganut UU Pers sebagai acuan dan Kode etik wartawan Indonesia, LPM OPINI terus berusaha menghadirkan berita-berita yang hangat dan terbaru. Sebagai sebuah media informasi di lingkungan FISIP, LPM OPINI mencoba untuk terus eksis dan berkreasi, Menyumbangkan ide-ide kritis, dan kreatif terhadap permsalahan yang aktual dan terkini. kritik saran silahkan kirimkan ke opini_fisipundip@yahoo.com

Blog Stats

  • 70,546 hits

Top Clicks

  • None

Rubrik & Edisi

%d bloggers like this: